Tingkatkan Kapasitas Penanggulangan Bencana, Dmc Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan Intensif Bagi Relawa

Administrator 14 Agustus 2023 03:24:29 WIB

Lombok Utara, NTB—Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa adakan pelatihan intensif penanggulangan bencana selama empat hari berturut-turut. Terhitung dari hari Jumat (11/08/2023) hingga Senin (14/08/2023) di Pantai Bintang, Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Adapun pelatihannya bertajuk “Mitigasi Bencana dan SAR Air: Menguatkan Ketahanan Masyarakat Desa Medana dalam Menghadapi Bencana”.

Terlihat antusias memenuhi wajah para 60 peserta yang terdiri dari perwakilan guru, kepala dusun, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, BUMDES, perawat dan bidan desa, Babinsa, serta Babinkaptimas.

“Perlu saya sampaikan kegiatan ini sebenarnya melanjutkan apa yang sudah dimulai tahun 2019 kami dari DMC Dompet Dhuafa pernah memulai yang namanya program KTB atau Kawasan Tangguh Bencana yang kemudian di nomenklatur tahun lalu sudah berubah menjadi KTTB atau Kawasan Tanggap Tangguh bencana” pungkas Ahmad Baihaki selaku Community Resilience and Advocacy Manager DMC Dompet Dhuafa dalam sambutannya.

“Alhamdulillah di Desa Medana ini kepala desanya aware untuk mengesahkan satu lembaga khusus penanggulangan bencana yang ada di desanya (Forum Pengurangan Risiko Bencana/ FPRB), yang kemudian hal tersebut sejalan dengan misi kita di DMC Dompet Dhuafa yaitu membangun ketahanan masyarakat di desa, karena berbasis desa itu juga akhirnya berdampak baik terhadap kabupaten, provinsi, dan Indonesia,” lanjutnyaPada hari pertama DMC Dompet Dhuafa akan mengadakan workshop kelas tentang Pusat Koordinasi dan Pendampingan Masyarakat yang berkolaborasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Utara.

“Atas nama Desa Medana kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya terutama kepada tim DMC Dompet Dhuafa yang sudah hadir ke sini untuk lima hari di Desa Medana. Harapan kami dari Desa Medana pelatihan mitigasi bencana dan SAR air ini agar semua peserta bisa mengetahui apa yang harus dilakukan saat ada bencana dan bisa saling membantu ketika terjadinya bencana. Harapan kami juga kepada DMC Dompet Dhuafa agar pelatihan dan pembinaan seperti ini bisa terus berlanjut di Desa Medana,” pungkas Umar Kholid selaku Kepala Desa Medana.

Hari kedua para peserta akan menjajaki keterampilan pertolongan pertama darurat bersama Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Lombok dan melatih menjaga keamanan lingkungan Pantai serta penanganan kerusuhan atau bencana sosial.

Pada hari ketiga DMC Dompet Dhuafa berkolaborasi bersama BASARNAS akan memberikan pelatihan pertolongan permukaan air (water rescue), navigasi hingga teknik-teknik bertahan hidup di permukaan air.

Pada hari keempat, kegiatan akan ditutup tentang talkshow yang bertajuk Teori dan Praktik Manajemen Sampah bersama Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata dan Dinas Kesehatan.

“Penghargaan setinggi-tingginya kepada para panitia yang sudah memprakarsai kegitan ini khususnya kepada tim DMC Dompet Dhuafa sebagai pembina karena FPRB seperti ini baru ada satu-satunya di wilayah Kabupaten Lombok Utara,” aku Masjudin Ashari selaku Kepala Kecamatan Tanjung.

Semoga dengan hadirnya pelatihan ini mampu meningkatkan ketangguhan dan ketahanan masyarakat dalam menghadapi bencana, sehinggga mampu menekan dampak atau meminimalisir dampak kerusakan apabila terjadi bencana alam. Karena Bumi Cuma Satu, Berdaya Hadapi Bencana. (ABD/AFP/ DMC Dompet Dhuafa)

 

Komentar atas Tingkatkan Kapasitas Penanggulangan Bencana, Dmc Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan Intensif Bagi Relawa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KONTAK AMBULAN DESA

087761815446

Lokasi MEDANA

tampilkan dalam peta lebih besar