BUDIDAYA IKAN KERAPU (KJA) DUSUN JAMBIANOM DESA MEDANA

Administrator 27 September 2016 01:15:06 WIB

Medana-KJA (Keramba Jaring Apung) adalah suatu sarana pemeliharaan ikan atau biota air yang kerangkanya terbuat dari bambu, kayu, pipa paralon atau besi berbentuk persegi yang diberi jaring dan pelampung seperti drum, plastik atau stereoform agar wadah tersebut tetap terapung di dalam air. Kerangka dan pelampung berfungsi untuk menahan jaring agar tetap terbuka di permukaan air, sedang jaring yang tertutup di bagian bawahnya digunakan untuk memelihara ikan selama beberapa bulan.

 

Budidaya KJA (Keramba Jaring Apung) merupakan cara budidaya yang dapat dilakukan di laut, sungai atau pun di danau. Dengan keadaan air yang cukup tinggi dan kualitas air yang memadai untuk melakukan budidaya. Dalam kegiatan KJA selain memperhatikan sumber daya alam yang ada sumber daya manusia juga sangat mendukung dalam pembentukan dan perkembangan Keramba Jaring Ikan (KJA) untuk itu diperlukan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat dalam pengelolaannya faktor-faktor pendukung SDM dan SDA merupakan hal yang yang tidak bisa dipisahkan dalam pembentukan program guna mensejahterakan kehidupan bangsa terurama dalam hal menjaga lingkungan yang menjadi tanggung jawab kita semua dan memanfaatkan lingkungan dengan sebaik baiknya.

 

Dengan luasan media yang sempit kita dapat melipatgandakan hasil panen ikan tanpa harus menambah biaya yang besar. Pola yang dipakai adalah mengintensifkan pola budidaya ikan tersebut, memang akhirnya akan berdampak pada biaya tinggi namun bisa didapatkan keuntungan yang lebih tinggi pula. Jika kita kelola dengan benar, laut mempunyai potensi yang luarbiasa dan dapat menghasilkan uang dengan jumlah besar. Peluang yang sangat baik ini akan membuat lapangan pekerjaan bagi warga setempat di dusun Jambianom tersebut. Adapun ikan atau biota yang sedang dibudidayakan oleh warga di dusun Jambianom ini yaitu ikan kerapu cantang.

 

Dimana dana atau modal awal yang dipakai berasal dari pemerintah dan dikelola oleh masyarakat setempat. Hasil budidaya tersebut dikembangkan lagi dengan membeli bibit ikan atau biota sehingga masayarakat dapat mengelola KJA agar berkembang dan lebih produktif.

 

Penggunaan KJA diperairan laut berkembang seiring dengan perkembangan teknologi budidaya perikanan laut terutama untuk pembesaran ikan-ikan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Berkembangnya usaha pembesaran ikan dalam KJA berpengaruh pada aspek sosial ekonomi. Sehingga untuk pemasaran hasil KJA ini bisa meningkatkan pendapatan untuk masyarakat dan kehidupan yang lebih sejahtera. (KKN Tematik UNRAM)

Komentar atas BUDIDAYA IKAN KERAPU (KJA) DUSUN JAMBIANOM DESA MEDANA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KONTAK AMBULAN DESA

087761815446

Lokasi MEDANA

tampilkan dalam peta lebih besar