PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM OLEH KKN IAIH NW PANCOR

Administrator 18 April 2016 01:46:11 WIB

MEDANA-Budidaya jamur tiram sangat cocok untuk daerah beriklim tropis seperti di daerah Lombok utara khsusunya desa Medana.  Melihat kehidupan masyarakat Dusun teluk dalam desa medana yang kurang produktif  dan sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai buruh harian lepas serta memiliki sumber daya alam yang melimpah. Inilah yang  mendorong mahasiswa  KKN IAIH NW pancor bekerja sama dengan  kepala Dusun teluk dalam mengadakan Budidaya jamur tiram, jamur tiram putih yang mempunya nama latin Pleurotus ostreatus, termasuk dalam kelompok Basidiomycota  sangat mudah di budidayakan  di Desa Medana khususnya dusun teluk dalam  yang beriklim tropis. 

 

Dengan  mendatangkan fasilitator sekaligus pengusaha jamur tiram dari Lombok timur, fasilitator memberikan materi serta menceritakan pengalamannya menjadi pengusaha jamur tiram, selain itu peserta yang hadir  juga diajak langsung memperaktikkan cara membuat Baglog atau media tumbuh untuk jamur tiram. Kegiatan pelatihan ini disambut dengan sikap positif, dilihat dari jumlah peserta yang hadir dan antusias peserta data memperaktikkan membuat baglog.

 

Menurut  kepala Desa Medana sekaligus peserta yang hadir dalam pelatihan tersebut mengungkapkan “saya apresiasi pelatihan yang diadakan oleh mahasiswa KKN IAIH NW Pancor, karena kegiatan ini sangat bermanfaat dari sisi ekonomi maupun yang lain, kegiatan ini sebagai kegiatan awal yang nanti Insyaallah akan di tindak lanjuti oleh Lembaga Perberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Medana, beliau juga menambahkan terbentuknya kelompok pembudidaya jamur tiram nantinya akan di Backup langsung oleh Desa” tutur beliau. (OLENKS)

Komentar atas PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM OLEH KKN IAIH NW PANCOR

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KONTAK AMBULAN DESA

087761815446

Lokasi MEDANA

tampilkan dalam peta lebih besar