POKMASWAS Medane (Kelompok Masyarakat Pengawas)

Administrator 01 April 2016 12:25:05 WIB

MEDANA-Sebagai Desa yang mempunyai garis pantai, Desa Medana  memiliki garis pantai yang cukup Panjang dan indah, Hal ini merupakan aset pariwisata untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga mereka mau singgah atau berkunjung ke Desa Medana.

 

Namun, sayangnya pantai yang indah tersebut tercemar oleh sampah-sampah yang dihasilkan oleh manusia, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, Hal ini dapat membahayakan makhluk hidup di laut dan serta menurunkan minat wisatawan untuk berkunjung.

 

Diawali dengan musyawarah warga  yang mendiskusikan tentang pembentukan panitia Mushola yang saat itu di ketua oleh Bapak Ahmat,  dan melihat dusun mereka Dusun Teluk Dalem kern  yang sangat mereka cintai  kumuh karena  karena sampah yang berserakan karena ulah warga, munculah ide untuk membentuk suatu kelompok yang mereka namakan POKMASWAS (kelompok Masyarakat Pengawas).

 

Kelompok yang di ketuai oleh Bapak Budi Utomo dan beranggotakan 12 orang  warga dusun setempat yakni : Abdul Rahman, Ahmat Mashur, Sudiah, M. Zaini, Mahsin, Kerta, Juliyanto, Zulhairi, Basri, H. Haris Munandar, dan Jumadi.

 

Pokwasmas yang aktif setiap jum’at pagi menelusuri sepanjang garis pantai Medana untuk membersihkan sampah Plastik dan sampah-sampah organik lainnya. Selain  aktif dalam mempersihkan pantai, kelompok yang secara sukarela tanpa imbalan ini bekerja sama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Lombok Utara untuk mengangkut sampah-sampah Rumah Tangga Warga Dusun Teluk Dalem Kern.

 

Menurut Budo Utomo ketua POKMASWAS “sangat penting menjaga lingkungan, dengan lingkungan yang bersih kita bebas dari segala penyakit ganas seperti  demam berdarah, mari kita menjaga kebersihan karena bersih itu indah”. Tutur beliau.

 

Subianto Jaswadi selaku Kepala Desa Medana  menanggapi kegiatan yang dilakukan oleh POKMASWAS dengan positif “saya sangat mendukung kegiatan POKWASMAS karena mereka melakukan kegiatan dengan suwadaya,  secara kecil dapat kita melihat kepedulian  mereka terhadap lingkungan  seperti kebersihan pantai dan lingkungan khususnya di daerah Dusun teluk dalem kern. Beliau menambahkan “mereka bukan sekedar lembaga  yang sekedar nama melainkan mereka melakukan kegiatan nyata, harapan saya supaya dinas terkait supaya mendukung kegiatan yang dilakukan oleh pokmaswas”. Tutur beliau. (Olenks)

Komentar atas POKMASWAS Medane (Kelompok Masyarakat Pengawas)

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

KONTAK AMBULAN DESA

087761815446

Lokasi MEDANA

tampilkan dalam peta lebih besar